Pages - Menu
▼
Kamis, 15 Agustus 2013
Rabu, 03 Juli 2013
Peynd - Kinah Malam
Kinah Malam
Sadarkah kau Kinah malam
Gurat senyummu
Jelas terlihat di pandanganku
Dan ini
yang ku rasakan
Dengarkan aku Malam ini (Malam ini)
Bintangpun enggan mersyair
Sebelum melihat engkau bersinar
Dan ini
yang ku rasakan
Ingin
ku Hiasi dunia mu
Satu yang ku pinta
Tetaplah bercahaya
Jadikankan sinarmu
Terangi hitamku
Jadikan lah ku cinta
Ter indah dalam bunga
Getaranmu selalu membuatku
Ingin memilikimu selamanyaaa ...ooo.ooo
Rabu, 22 Mei 2013
Sejarah Efek Gitar dan Jenis efek Gitar
Efek suara awalnya sering di pakai studio rekaman. Pada pertengahan tahun 1940-an, insinyur rekaman dan musisi eksperimental seperti Les Paul mulai memanipulasi rekaman pita reel-to-reel untuk menciptakan efek echo dan tidak biasa, suara futuristik. ("miking") teknik yang digunakan penempatan Mikrofon dalam ruang dengan sifat akustik yang dirancang khusus untuk mensimulasikan echo kamar.
Amplifier built-in adalah efek pertama yang akan digunakan secara teratur di luar studio oleh pemain gitar. Dari akhir 1940-an dan seterusnya, Gibson Guitar Corp mulai memasukan sirkuit vibrato di amplifier combo. Tahun 1950 Ray Butts amp EchoSonic menjadi yang pertama untuk fitur suara echo "slapback", yang dengan cepat menjadi populer dengan gitaris seperti Chet Atkins, Carl Perkins, Scotty Moore, Luther Perkins, dan Roy Orbison. Pada tahun 1950-an, tremolo, vibrato dan reverb banyak tersedia sebagai built-in efek pada gitar amplifier. Good Premier dan Gibson built ampli tube bertenaga dengan reverb Fender dimulai pada musim semi. manufaktur tremolo ampli Tremolux pada tahun 1955 dan Vibrolux pada tahun 1956.
Distorsi tidak berpengaruh awalnya saat ditujukan oleh produsen amplifier, tetapi kadang bisa dengan mudah dipakai dengan "overdriving" pasokan listrik di amplifier tabung awal. Gitaris Johnny Burnette dan Willie Johnson adalah di antara yang pertama dengan sengaja meningkatkan keuntungan diluar batas sesuai dengan tujuannya untuk mencapai suara distorsi "Warm" . Dave Davies dari The Kinks menjadi dokter untuk Penutur amp nya dengan memotong efek2 itu dengan pisau cukur untuk menghasilkan grittier suara gitar pada lagu 1964 " You Really Got Me ". Pada tahun 1965, Marshall Amplifikasi mulai menjual Marshall 1959, amplifier gitar mampu menghasilkan nada Warm dan terdistorsi "crunch" yang Ng-Rock banget buat musisi-musisi.
efek Stand-alone tahun 1950-an dan 60-an awal seperti unit GA-VI vibrato Gibson dan Box reverb Fender, yang mahal dan tidak praktis, membutuhkan transformer besar dan tegangan tinggi. Unit-unit ahirnya berdiri sendiri selain pada permintaan konsumen sebagai efek yang hadir menyatu pada amplifier. Yang pertama populer yang berdiri sendiri adalah Watkins 1958 Copicat, tape relatif portabel efek gema dipopulerkan oleh band Inggris, The Shadows.
Elektronik transistor akhirnya berhasil memungkinkan untuk menjejalkan kreativitas aural dari studio rekaman menjadi lebih sederhana, unit stompbox sangat portabel. Transistor menggantikan tabung vakum, yang memungkinkan untuk format kompak yang lebih banyak dan stabilitas yang lebih besar. Dalam sejarah Efek gitar pertama transistorized adalah Maestro 1962 Fuzz Tone pedal, yang menjadi sensasi setelah digunakan dalam Rolling Stones 1965 hit "(I Can't Get No) Satisfaction".
Warwick Electronics memproduksi wah wah pedal pertama, The Clyde McCoy, pada tahun 1967 dan tahun yang bersama Roger Mayer mengeluarkan efek oktaf pertama, Octavia, Pada tahun 1968, Univox mulai pemasaran Uni-Vibe pedal, Sebuah efek yang dirancang oleh insinyur audio Fumio Mieda yang menirukan pergeseran fasa aneh dan efek chorus dari Leslie rotating speakers digunakan dalam organ Hammond. pedal efek segera menjadi favorit gitaris Jimi Hendrix dan Robin Trower. Setelah pertamakali mendengar Octavia, Hendrix diduga bergegas kembali ke studio dan segera menggunakannya untuk merekam solo gitar pada "Purple Haze" dan "Fire". Pada pertengahan 1970-an berbagai efek solid-state pedal termasuk flangers, chorus pedals, ring modulators dan phase-shifters mulai tersedia.
Pada 1980-an, unit rackmount digital mulai menggantikan stompboxes sebagai format efek pilihan. Seringkali musisi akan menggunakan "Dry", trek berubah di studio dan efek dalam akan ditambahkan pasca-produksi. Keberhasilan tahun 1991 album Nirvana's Nevermind membantu menyalakan kembali minat stompboxes. Sepanjang tahun 1990-an, musisi berkomitmen untuk sebuah "lo-fi" aesthic seperti J Mascis dari Dinosaur Jr, Stephen Malkmus dari Perkerasan dan Robert Pollard dipandu terus oleh suara efek menggunakan non-digital (analog) pedal efek.
Jenis Efek
Meskipun saat ini belum ada konsensus tentang bagaimana untuk mengkategorikan efek, berikut adalah enam klasifikasi umum:. dynamics, time-based, tone, filter, pitch/frequency and feedback/sustain.
1. Dynamics
a. Sebuah Guyatone Tremolo Vintage VT2 meningkatkan Cleen / Volume pedal: Semburan cleen menguatkan volume instrumen dengan meningkatkan beberapa aspek output sinyal listriknya. Unit ini umumnya digunakan untuk “boosting” volume selama solo dan mencegah kehilangan sinyal dalam “Efek chain” yang panjang. Sebuah gitaris beralih dari rhythm guitar menjadi lead gitar agar dapat menggunakan clean boost untuk meningkatkan volume solo nya.
b. Volume Efek: MXR Micro Amp, Fender Volume Pedal. preamplifier Mikrofon: Sebuah preamplifier mikrofon atau "preamp mic" adalah perangkat yang meningkatkan output tegangan mikrofon yang rendah untuk tingkatan tertentu dan digunakan oleh peralatan seperti pencampuran konsol dan headphone. Beberapa pre-amp mic juga memberikan daya tambahan (misalnya phantom power) untuk mikrofon kondensor.
c. Kompresor: kompresor menstabilkan volume dan menghaluskan "attack" dengan meredam timbulnya onset dan memperkuat efek sustain. Kompresi dicapai dengan memvariasikan kekuatan (i.e. "gain) dari sinyal untuk memastikan volume tetap dalam kisaran dinamis khusus. kompresor juga dapat berfungsi sebagai limiter dengan pengaturan ekstrim dari kontrol tersebut.
d. Kompresor efek: Boss CS-3, Keeley Compressor, MXR Dyna Comp. Tremolo: Sebuah efek tremolo menghasilkan variasi, sedikit cepat dalam volume note atau akor. efek tremolo biasanya memiliki "tingkat" tombol yang memungkinkan pemain untuk mengubah kecepatan variasi. "Efek tremolo" tidak harus bingung dengan nama "bar tremolo"yang membingungkan, sebuah perangkat pada bridge gitar yang memungkinkan pemain untuk menciptakan vibrato atau efek "pitch-bending". intro gitar di Rolling Stones '" Gimme Shelter " merupakan fitur efek tremolo.
e. Efek tremolo: Fender Tremolux, Roger Mayer Voodoo Vibe.
2. Tone
a. Distorsi dan Overdrive: Distorsi dan unit overdrive mendistorsi nada instrumen dengan menambahkan "Tone", menciptakan suara "Warm". Untuk membuat suara "dirty" atau "gritty"suara, unit lebih jauh mengubah Tone dengan suara gelombang re-shaping or "clipping" sehingga mereka memiliki flat, puncak mesa-seperti sesuatu yang melengkung. Dalam amplifier tabung, distorsi yang dibuat dengan mengkompresi sinyal listrik yang keluar dari instrumen kedalam tabung hampa udara atau "valves". Dalam unit digital, efek ini disimulasikan oleh transitors atau chip computer. Distorsi efek differ Dari efek overdrive dalam menghasilkan kira-kira jumlah yang sama pada distorsi pada volume apapun. unit Overdrive, di sisi lain, memproduksi "Cleen" pada volume rendah dan suara terdistorsi pada volume keras.
Distorsi dan efek overdrive: Boss DS-1, Boss MT-2 Metal Zone, Electro-Harmonix LPB-1, Ibanez Tube Screamer, Marshall ShredMaster, MXR Distortion +, Pro Co RAT.
b. Fuzz: Sebuah fuzz pedal atau "fuzzbox" adalah jenis overdrive pedal yang klip suara-gelombangnya sampai hampir Persegi, mengakibatkan suara distorsi berat atau "fuzzy".
The Rolling Stones '" (I Can't Get No) Satisfaction " sangat mempopulerkan penggunaan efek Fuzz ini.
Efek fuzz: Electro-Harmonix Big Muff, Arbiter Fuzz Face, Maestro Fuzz-Tone, Vox Tone Bender, Univox Super-Fuzz, Z.Vex Fuzz Factory.
c. Noise gate: Noise gate mengurangi “hum”, “hiss” dan “static”dengan menghilangkan suara di bawah ambang batas tertentu. Hal ini secara signifikan mengurangi kebisingan serta setiap suara lain yang masuk ke unit (unit "lo-fi" melakukan kebalikannya, menambahkan suara, desisan, dan statis). Jika digunakan dengan pengaturan yang ekstrim bersama dengan reverb, dapat menciptakan suara yang tidak biasa, seperti efek drum gated digunakan dalam lagu pop 1980-an, gaya dipopulerkan oleh lagu Phil Collins "In the Air Tonight"
Lo-fi: Lo-fi efek meniru desis, statis, dan kualitas nada rendahnya peralatan elektronik vintage analog
3. Filter
a. Equalizer: equalizer adalah sebuah set filter yang memperkuat ("meningkatkan") atau melemahkan ("cut") daerah frekuensi tertentu. Stereo sering memiliki equalizer yang menyesuaikan bass dan treble Teknisi audio menggunakan equalizer sangat canggih untuk menghilangkan suara yang tidak diinginkan, membuat instrumen atau suara yang lebih menonjol, dan meningkatkan aspek-aspek tertentu dari nada sebuah instrumen.
b. Talk box Talk box : Sebuah Talk box mengarahkan suara dari gitar atau synthesizer ke dalam mulut seorang pemain, yang memungkinkan dia untuk membentuk suara menjadi huruf vokal dan konsonan. Suara dimodifikasi ini kemudian dijemput oleh mikrofon. Dengan cara ini gitar mampu "berbicara". Beberapa artis terkenal menggunakan talkbox termasuk Bon Jovi “Living on a Prayer”, Stevie Wonder “Black Man” and Peter Frampton "Show Me the Way".
Talk kotak: Dunlop Heil HT1 Talk Box, Rocktron Banshee.
c. Wah-wah: wah-wah pedal menciptakan suara vokal seperti dengan mengubah spektrum frekuensi yang dihasilkan oleh instrumen-yakni bagaimana keras itu pada setiap saat terpisah frekuensi-dalam yang dikenal sebagai spectral glide. Perangkat ini dioperasikan oleh pedal kaki dengan membuka dan menutup potensiometer. Wah-wah pedal sering digunakan oleh gitaris rock funk dan psychedelic.
efek Wah: Dunlop Cry Baby, Morley Power Wah Boost, Musitronics Mu-Tron III, Z.Vex Seek Wah.
d. De-Esser: de-Esser menyaring frekuensi yang lebih tinggi suara yang dihasilkan oleh konsonan bunyi berdesis seperti "s", "z", dan "sh" dalam rekaman suara manusia.
Pitch / Frekuensi
a. Chorus: Chorus pedal meniru efek "fase penguncian" diproduksi secara alami oleh paduan suara dan orkestra string ketika suara dengan perbedaan sangat sedikit timbre-nya dan pitch mengasimilasi satu sama lain. Sebuah efek chorus membagi instrument untuk penguat sinyal listrik, menambah variasi frekuensi sedikit atau "vibrato" ke bagian sinyal sementara meninggalkan sisanya yang tidak berubah Dengan pengaturan yang ekstrim,.Efek paduan suara dapat menghasilkan sebuah suara "spacey". Yang terkenal dalam penggunaan "spacey" adalah lead guitar lead guitar in “Come As You Are” by Nirvana.
Chorus effects: Boss CE-1 Chorus Ensemble, Electro-Harmonix Deluxe Memory Man, Electro-Harmonix Electric Mistress, Roger Mayer Voodoo Vibe, T.C. Electronic Stereo Chorus.
b. Flanger: flanger menciptakan suara"pesawat jet" atau "angkasa", simulasi efek studio yang dihasilkan dengan memegang tepi reel pita audio (yang "mengarah") untuk sejenak memperlambat rekaman. Flangers menambahkan versi variabel keterlambatan suara dengan aslinya, menciptakan efek sisir filter. Beberapa menggunakan efek flanger terkenal termasuk "Walking on the Moon" by The Police and "Barracuda" by Heart.[58][59]
Flanger effects: Electro-Harmonix Electric Mistress, MXR Flanger.
c. Phase shifte: Sebuah shifter fase menciptakan sedikit beriak memperkuat efek beberapa aspek nada sementara yang lain berkurangnya. dengan menambahkan out-of-fase duplikat gelombang suara ke gelombang suara asli.
Pergeseran fasa yang populer selama tahun 1970, 2 contoh yang bagus termasuk bagian keyboard di Billy “Just the Way You Are” and Paul Simon's "Slip Slidin' Away".[60]
The Electro-Harmonix POG pedal can pitch-shift an input signal down an octave or up one or two octaves.
Phase shift effects: Electro-Harmonix Small Stone, MXR Phase 90, Roland AP-7 Jet Phaser.
d. Pitch shifter dan Harmonizer: Sebuah pitch shifter meningkatkan atau menurunkan (misalnya "transposes") setiap note seorang pemain memainkan dengan interval yang telah ditetapkan. Misalnya, pitch shifter diatur untuk meningkatkan pitch oleh keempat akan meningkatkan note masing-masing empat interval diatonis di atas note sebenarnya yang dimainkan. shifter pitch meningkatkan atau menurunkan pitch pada satu atau dua oktaf, sedangkan perangkat yang lebih canggih menawarkan berbagai perubahan interval.
e. Harmonizer adalah jenis shifter pitch yang menggabungkan pitch yg diubah dengan pitch asli untuk menciptakan harmoni dua note atau lebih. Beberapa hamonizers mampu membuat efek chorus seperti dengan menambahkan perubahan sangat kecil dalam pitch.
Pitch shift efek: Electro-Harmonix PG, Digitech Whammy, Roger Mayer Octavia.
f. Ring modulator: Ring modulator mengeluarkan resonansi/bunyi, resonansi logam dengan mencampur gelombang yang dihasilkan oleh alat dengan gelombang yang dihasilkan oleh perangkat osilator internal untuk menciptakan sinyal nada yang kaya. Sebuah penggunaan terkemuka Ring modulator adalah gitar dalam lagu Black Sabbath "Paranoid".
Ring efek modulator: Moog MF-102 Moogerfooger.
g. Vibrato: Vibrato efek menghasilkan slight, variasi cepat di pitch, meniru variasi tone fraksional diproduksi secara alami oleh penyanyi opera dan pemain biola saat memperpanjang satu note. Efek vibrato sering membiarkan pelaku untuk mengendalikan tingkat variasi serta perbedaan dalam pitch (misalnya “depth”). Sebuah vibrato dengan pengaturan “depth” yang ekstrim (misalnya, setengah sem / tone atau lebih) akan menghasilkan suara, dramatis ululating. Gitaris sering menggunakan istilah "vibrato" dan "tremolo" misleadingly. sesuatu yang disebut "vibrato unit" dalam amplifier gitar benar-benar menghasilkan tremolo, sementara "tremolo arm" atau "whammy bar" pada gitar menghasilkan vibrato.
h. Harmonic exciter: Sebuah exciter harmonik atau "aural exciter" atau "exciter psychoacoustic", menambahkan nada halus dengan pertengahan atas dan treble [diperlukan disambiguasi] bagian dari suara. exciters Harmonic paling sering digunakan pada tahap pasca-produksi rekaman, baik dengan vokal atau dengan seluruh lagu. Efek ini dikembangkan di pertengahan 1970-an untuk menambah "brightness" untuk reel-to-reel tape rekaman audio yang telah kehilangan kejelasan karena kompresi atau overdub berulang.
Time-based
Melipat baris dengung perangkat, yang menggunakan springs.
a. Delay / Echo: Delay / echo unit menghasilkan efek gema dengan menambahkan duplikat instrumen-untuk-penguat sinyal listrik ke sinyal asli pada Delay waktu yang pendek. Efeknya bisa menjadi “slap” or “slapback,” atau beberapa Echos. Pengguna "Where the Streets Have No Name".[66]
Delay effects: Boss DM-2 Delay, Boss DD-3 Digital Delay, Electro-Harmonix 16-Second Digital Delay, Electro-Harmonix Memory Man, Line 6 DL4 Delay Modeler, MXR Carbon Copy.
b. Reverb: Reverb unit mensimulasikan suara yang dihasilkan dalam ruang gema dengan menciptakan sejumlah besar gema yang secara bertahap memudar atau "decay" . Sebuah sistem plate reverb menggunakan transduser elektromekanis untuk menciptakan getaran dalam satu plate reverb. Spring reverb sistem, yang sering digunakan dalam amplifier gitar, gunakan transduser untuk membuat getaran dalam spring (suara mata air). efek reverb sinyal digital
menggunakan algoritma berbagai pengolahan untuk menciptakan efek reverb, sering kali dengan menggunakan sirkuit keterlambatan umpan balik. Rockabilly dan gitar surfing adalah dua genre yang menggunakan reverb.[67]
Reverb effects: Fender Reverb Unit.
c. Looper pedal: looper pedal atau "looper frase" memungkinkan pelaku untuk replay merekam dan jedah atau bagian dari sebuah lagu. Loops dapat dibuat di tempat selama pertunjukan atau mereka dapat pra-direkam. Beberapa unit memungkinkan pemain untuk loop beberapa kali. Efek loop pertama diciptakan dengan pita reel-to-reel tape menggunakan loop. High-end boutique tape loop effects masih digunakan oleh beberapa studio yang meinginkan suara vintage. efek loop digital menciptakan efek ini menggunakan memori elektronik.
Looper efek: Boss Loop Station RC20XL Pedal, Line 6 DL4 Delay Modeler Pedal dan Loop Sampler. Sebuah EBow memungkinkan seorang pemain gitar untuk mempertahankan note.
Feedback/Sustain
a. Audio feedback: umpan balik Audio adalah efek yang dihasilkan ketika suara penguatannya dijemput oleh mikrofon dan diputar kembali melalui amplifier, memulai "feedback loop". Umpan balik dipelopori oleh gitaris seperti Jimi Hendrix yang dihasilkan dengan memainkan instrumen secara langsung di depan amplifier diatur ke volume tinggi. Teknik ini relatif primitif cenderung untuk membuat nada tinggi melengking dan dapat sulit dipertahankan.s
b. The EBow, pickup genggam / driver string, menggunakan kumparan induktor kecil untuk bergetar senar gitar, menciptakan suara berkelanjutan sepeti busur. Alat-alat seperti Guitar Resonator, the Sustainiac Sustainer,dan the Fernandes Sustainer menciptakan umpan balik oleh elektrik getar ("drive") string gitarbernada sambil meminimalkan nada tertinggi lalu mempertahankan nada itu sendiri.
Banyak kompresor pedal sering juga dipasarkan sebagai "sustainer pedals" Sebagai note yang ditopang, kehilangan energi dan volume karena mengurangi getaran dalam string. Kompresor pedal meningkatkan sinyal listrik untuk rentang dinamis yang ditetapkan, sedikit memperpanjang durasi note.
Other effects
a. Simulator: Simulators memungkinkan gitar listrik untuk meniru bunyi instrumen lainnya seperti gitar akustik, bass listrik, dan sitar. Pick up simulators digunakan pada gitar dengan single-coil pick up meniru suara gitar dengan pick up humbucker, atau sebaliknya. Sebuah de-fretter adalah efek gitar bass yang mensimulasikan suara bass fretless. Efeknya menggunakan Envelope amplifier yang dikendalikan filter dan tegangan untuk "melembutkan" attack sebuah note yang baik dalam volume dan timbre.
b. Envelope Follower: Sebuah Envelope Follower mengaktifkan efek sekali volume ditunjuk tercapai. Salah satu efek yang menggunakan Envelope Follower adalah "auto-wah", yang menghasilkan efek "wah" tergantung pada seberapa keras atau lembut note yang sedang dimainkan.
c. Guitar amplifier modeling: Amplifier modeling adalah efek digital yang meniru suara berbagai amplifier, yang paling sering analog "tabung" amps. pemodelan efek canggih dapat mensimulasikan speaker cabinets dan teknik miking. Sebuah simulator rotary speaker meniru suara doppler sistem speaker Leslie vintage dengan mereplikasi volume dan modulasi pitch, kapasitas overdrive dan pergeseran fase.
d. Pitch correction/Vocal effects: Pitch correction / efek koreksi Pitch menggunakan algoritma pemrosesan sinyal- intonasi untk menutupi tune-kesalahan dalam kinerja si-vokalis.
e. Filter dan efek synthesizer: Pedal seperti Moog MF-105 Moogerfooger MURF menyediakan beberapa filter dan tombol-tombol Envelope kontrol untuk mengontrol modulasi. The FreqBox MF-107 menggunakan sinyal input untuk mengatur sebuah osilator VCO internal.
Boutique pedals
a. T-Rex merek "Mudhoney" overdrive pedal pedal Boutique dirancang dengan desain kecil, perusahaannya independen dan biasanya diproduksi dalam jumlah terbatas. Beberapa bahkan mungkin dengan buatan tangan. Pedal ini terutama didistribusikan secara online atau melalui mail-order, atau dijual di toko-toko musik Mereka sering kali lebih mahal daripada pedal diproduksi secara massal dan menawarkan fitur non-standar seperti true-bypass switching, lebih tinggi kualitas komponennya, desain inovatif, dan memiliki karya seni yang dilukis dengan tangan. Beberapa perusahaan butik focus pada penciptaan ulang efek klasik atau vintage.
Beberapa butik pedal produsen meliputi: AnalogMan, Devi Ever, Pete Cornish, Lovetone, Metasonix, Robert Keeley, Z.Vex Effects, T-Rex Engineering, Beatronix Pedals.
b. Effects unit modification
Ada juga ceruk pasar untuk memodifikasi atau "Modding" efek. Biasanya, vendor menyediakan baik layanan modifikasi kustom atau menjual efek pedal baru yang telah dimodifikasi The Ibanez Tube Screamer, the Boss DS-1, the ProCo Rat dan Digitech Whammy adalah beberapa efek yang paling sering-diubah. Modifikai umum meliputi perubahan nilai dalam kapasitor atau resistor, menambahkan true-pass sehingga sirkuit efek tidak lagi di jalur sinyal, mengganti komponen yg berkualitas tinggi, menggantikan amplifier asli unit operasional (opamps), atau menambahkan fungsi lain ke perangkat seperti memberi kontrol tambahan atau menambahkan sebuah jack output tambahan. Tributes oleh musisi The garage rock revival band The Fuzztones, terlihat di sini dalam konser Barcelona, memiliki nama (naik daun) setelah member pengaruh efek fuzz 1960- di sebut era fuzz pedal (the Fuzztone).
Efek dan unit efek-stompboxes khususnya. Telah diramaikan oleh musisi pop dan rock di judul album, lagu dan nama band. The Big Muff, classic fuzzbox yang diproduksi oleh Electro-Harmonix, dikenang dengan lagu "Big Muff" dan the Mudhoney EP Superfuzz Bigmuff.
Lyrics(lirik) untuk Super Furry Animals "Play It Cool" menyebutkan Electro-Harmonix pedal lainnya. the Electric Mistress flanger. The Nine Inch Nails song "Echoplex" berjudul setelah vintage Maestro echo unt.lagu-lagu lain yang termasuk referensi efek adalah "Interstellar Overdrive" oleh Pink Floyd, "Wah-Wah" oleh George Harrison, dan "Stomp Box" They Might Be Giants. Joy Division "Digital" terinspirasi oleh insinyur / unit digital AMS produser Martin Hannett's Delay . We've Got a Fuzzbox and We're Gonna Use It were an all-female British band from the 1980s an dan The Fuzztones adalah garasi band rock 1980
c. pedal lainnya dan unit rackmount Tidak semua stompboxes dan rackmounts efek. Tuning pedal menunjukkan apakah string gitar yang terlalu tajam atau datar. footswitch pedal seperti pedal rute sinyal gitar “A / B” untuk penguat atau memungkinkan pemain untuk beralih di antara dua gitar. amplifier Gitar dan keyboard elektronik memungkinkan mengubah hidup atau mati listrik pada built- in efek dengan menggunakan footswitch. Beberapa musisi yang menggunakan efek rackmounted atau laptop mempekerjakan pedalboard MIDI controller untuk memicu sampel suara, beralih di antara efek yang berbeda atau pengaturan kontrol efek.
Senin, 13 Mei 2013
Komunitas Indie Jember ( KOIN - J )
Tentang
Silahkan share video, foto dan lagu kalian ( band indie ) disini.Atau bisa lewat email sonyevandher@yahoo.com atau opoaeband@yahoo.com. Gratis tanpa dipungut biaya..hehehehe..
Minat Band
Media bagi band indie khususnya band indie Jember dan band2 indie kota lainnya pada umumnya
Info Umum
Bergabung dengan Facebook 13/07/2010
Genre Bebas, segala genre musik
Anggota Bebas, semua band indie
Kota Asal Jember atau kota lain
Perusahaan Rekaman Bebas
Manajer Umum Sony Evandher ( Amazon Music Studio )
Pengaruh Untuk mendengarkan lagu2 disini silahkan klik info
Lokasi Sekarang Jember
Info Kontak
Situs Web http://www.reverbnation.com/opoae
Hubungan Media Amazon Music Studio
Komunitas Indie Band Kabupaten Indramayu
Tentang
komunitas musik/musisi kab.indramayu
Misi
bosan kita menderita, saatnya kita bersama .
BRAVO MUSIK INDRAMAYU
Keterangan
EPILOG
writen by ; Muhammad Joni haryanto & Angga kusuma
Beragam aktivitas, beragam keseharian, beragam kebiasaan, beragam keyakinan, beragam warna kulit, beragam bahasa, beragam corak kehidupan, beragam tempat dan kebudayaan, serta beragam wilayah kehidupan… tapi satu yang jelas sama, bahwa kita semua adalah “sama-sama manusia”, dan semuanya menyukai “Musik”, dengan beragam jenis dan simbol-simbol artistik serta perangkatnya masing-masing.
Dalam wadah bersama “KOMUNITAS REPUBLIK INDEPENDEN” semua hal tersebut, dilihat, dikenali, diselami, dipelajari, dan ‘disetubuhi’ hingga ke bagian-bagian terkecil dan terdalam, lalu kemudian diberi dan dibagikan kepada siapapun yang sudi menerimanya, tak terbatas waktu dan tempat yang mungkin masih membatasi dan membentenginya.
Kami menyadari bahwa diatas perbedaan majemuk yang ada, apapun bentuk dan istilahnya, pasti masih memiliki satu persamaan yang masih bisa dapat dikenali di dalamnya, untuk itulah kami ada.. di sekitar anda, dan bersama-sama anda semua, khususnya para pecinta dan penikmat musik di seluruh penjuru dunia manapun.
Harapan sederhana kami, bahwa apa yang kami lakukan, baik saat ini maupun ke depannya, sekecilnya dapat memberikan arti dan bermanfaat bagi anda semua, di dalam wilayah aktifitas musik-bermusik kami.
Bagi kami, komunitas bukan sekedar ruangan yang dibangun dari batu, tembok dan berhias cat berwarna-warni, tapi lebih merupakan sebuah “Rumah Besar” yang dapat memberikan banyak perlindungan, kenyamanan, kehangatan, kebersamaan, persaudaraan, serta kebaikan di segala hal dan lini di dalamnya.
Mudah-mudahan hal tersebut dapat dipahami dan dimengerti oleh segala pihak berbagai lapisan dan selanjutnya bersama-sama dapat membangun “Rumah” yang lebih besar ke depannya, di segala hal, lini dan bidang, apapun, kapanpun, bagaimanapun… dan dimanapun itu…
Salam hangat selalu dari “Rumah” kami dan Terima kasih.
Lokasi jln.siliwangi no 34 No. telp (0234) 275510 / temporal., Indramayu, Indramayu 45212
Komunitas Band Indie Subang (KBIS)
KBIS (Komunitas Band Indie Subang) Adalah forum untuk kamu yang pengen promosi'in lagu2 kamu sndiri dan share tntang musik. ayo upload lagu kamu dan dapetin pengetahuan musik lebih banyak lewat forum ini..!!!! :)
Komunitas Band Indie Palembang
Disini kalian bisa promosi, tanya jawab, tuker informasi, silaturahmi, dan lainnya yang berhubungan dengan musik atau band
Sabtu, 11 Mei 2013
3 kelompok gitaris di antaranya, yaitu gitaris (saja), gitaris shredder, dan gitaris Virtuoso.
Banyak sekali jenis pemain gitar di indonesia maupun dunia, di lihat dari segi genre mungkin banyak sekali jenis permainan dari gitaris rock, gitaris jazz, gitaris blues dan masih banyak lagi. Dan jika di lihat dari sisi gender, gitaris hanya bedakan menjadi 2 macam yaitu gitaris cowok dan gitaris cewek. Namun jika dilihat dan di kelompokan berdasarkan tingkat skill atau kemampuanya, gitaris hanya di bagi menjadi 3 kelompok , yaitu gitaris, gitaris shredder, dan gitaris Virtuoso.
sudah pernahkah anda mendengar istilah istilah di atas?.mungkin bagi anda seorang gitaris yang sudah berpengalaman sudah tidak asing lagi dengan istilah istilah seperti itu namun bagi anda yang masih dalam tingkat calon gitaris mungkin belum akrab dengan sebutan sebutan seperti di atas . pengertian dan arti dari pembagian kategori gitaris berdasarkan ilmunya tersebut adalah sebagai berikut;
1. Gitaris (saja)
Seseorang di juluki gitaris atau yang mengaku seorang gitaris, hal ini dikarenakan makna dari kata Gitaris adalah seseorang yang sedang, sering, terus-menerus bermain gitar. Bahkan seseorang yang pertama kali belajar gitar bisa di katakan seorang gitaris. Contoh: disaat anda mulai belajar bermain gitar dan bisa memainkan kunci dasar, maka anda sudah bisa di katakan sebagai seorang gitaris
2. Gitaris Shredder (Shredder)
Apa Bila seorang gitaris sudah mulai mempelajari teknik permainan gitar yang tidak setandar lagi seperti tekhnik sweeping, string skipping, arpegio dan semacamnya,dan termotivasi agar permainan gitarnya semakin meningkat, maka gitaris tersebut sedang dalam proses menjadi seorangshredder.ciri ciri Shredder yaitu lebih kental dengan permainan cepat dan penuh teknik.
3. Gitaris Virtuoso
Virtuoso adalah level tertinggi dalam hal teknik, pengetahuan dan pengabdiannya di bidang gitar. Perlu di ketahui seorang virtuoso pastilah dia seorang shredder akan tetapi seorang shredder belum tentu dia seorang virtuoso. Gitaris virtuoso sebagian besar adalah para pemain gitar solo atau instrumental walaupun banyak juga yang terikat dengan band-band terutama yang beraliran rock.
Contoh: Gitaris Virtuoso seperti Joe Satriani, Steve Vai, Paul Gilbert, Yngwie Malmstein, Jennifer Batten, Eric Johnson dan para dewa gitar lainnya.
Itulah ketiga macam level menurut ilmu dan pengetahuannya tentang gitar bagi seorang gitaris. Saya mendapatkan informasi tentang ini dari hasil sharing dan dari berbagai sumber dan saya yakin dapat di percaya sebagai bahan pengetahuan kita bersama. Bila hal itu di tujukan kepada anda, di posisi manakah anda sekarang? apakah anda hanya seorang gitaris, atau mungkin sudah shredder? kalau virtuoso saya rasa masih belum dan jangan menganggap seperti itu dulu. Seorang virtuoso setidaknya sudah punya pengalaman dan umur belajar yang sangat lama dan hanya bisa di jangkau oleh seorang gitaris yang benar-benar menekuni gitar sebagai bagian penting dari hidupnya. but it's possible !!!
Kamis, 09 Mei 2013
KOMUNITAS BAND INDIE BANDUNG
Tentang
Promo Band Kalian Di Komunitas Band Indie Bandung
Misi
membuat sebuah komunitas yg tidak mempermasalahkan sebuah perbedaan suatu tujuan ..
Keterangan
di sini menerangkan dan memberitahu event" band indie bandung yang ada di bandung .
KOMUNITAS BAND INDIE SUKABUMI
Site http://www.bandsukabumi.com/ Twtter : http://twitter.com/bandsukabumi
Misi
Memfasilitasi grup-grup Band Indie Sukabumi untuk berkiprah di dunia musik Indonesia.
Gambaran Perusahaan
Ayo gabung di Komunitas Band Indie Sukabumi, sertakan pula lagu demo (mp3), video klip, lirik lagu, dll agar Band Indie kamu bisa dikenal luas. Ditunggu pendaftarannya ya!
Info Umum
Bergabung dengan Facebook 16/01/2010
Produk Nantinya akan ada merchandise berupa kaos, mug, pin, sticker, dll. Ditunggu aja ya!
Info Kontak
Situs Web http://www.bandsukabumi.com
KOMUNITAS BAND INDIE PELABUHAN RATU
dibuat untuk memajukan musikalitas palabuhanratu,untuk menuju kesuksesan tentunya kita harus saling membantu,saling support,bukan saling menjatuhkan.
silakan kalian sharing tentang musik disini,baik berupa promosi band/solo kalian,informasi event,alat musik,bahkan pengetahuan/ilmu kalian dalam bermusik.
"gunakan bahasa yg baik & sopan"
lets join all,kita satukan musisi-musisi Palabuhanratu
silakan invite teman2 kalian untuk bergabung disini
"make music as mean of peace and
unity"
Rabu, 08 Mei 2013
10 Jenis Efek Gitar untuk merangkai Sound yang Cantik
10 Jenis Efek Gitar untuk merangkai Sound yang Cantik
Ada banyak perbedaan antara suara gitar musisi jaman dahulu dengan musisi jaman sekarang. Di era teknology ini, musisi memiliki lebih banyak variasi untuk menghasilkan sound yang variatif dan cantik. Gitaris sekarang cenderung menggunakan efek gitar untuk mempercantik sound gitarnya. Efek - efek gitar tersebut ada bermacam macam mulai distorsi, flanger, wah, delay, dan lainnya.
Di era digital ini, banyak hal analog yang dikonversi menjadi digital. Sekarang banyak sekali yang menggunakan software efek gitar seperti guitar rig, overloud th1, amplitube, karena kemudahan, efesiensi, dan relatif lebih murah daripada harus membeli efek gitar yang asli.
Bagi yang sudah menggunakan software efek Gitar seperti Guitar Rig 5, tetapi baru sekedar menggunakan efek presets pada guitar rig dan ingin merangkai efek gitar sendiri, maka anda perlu memperhatikan/mengetahui jenis jenis efek gitar untuk dirangkai dan menghasilkan suara yang bagus.
10 Jenis efek gitar tersebut adalah:
1. Boost
Boost adalah efek yang digunakan untuk meningkatkan sinyal input entah itu dari gitar, bass, atau sumber input suara lainnya. Boost ini kemudian nanti berpengaruh juga terhadap sound yang dihasilkan jika dikombinasikan dengan distorsi. Boost juga berpengaruh terhadap sustainability suara gitar. Sustainability adalah seberapa panjang suara gitar yang dihasilkan. Jika Boost nya besar, otomatis distorsi yang diberikanpun tidak perlu terlalu besar, karena nanti suaranya justru akan Peak. Peak biasanya ditandai dengan sinyal suara yang berwarna merah, yang aman adalah dipertengahan warna hijau.
2. Compression
Compression digunakan untuk membatasi sinyal input suara yang masuk. Compression dapat mendeteksi range amplitude sinyal bawah/rendah(bottom) dan range amplitude sinyal tinggi/atas (top). Nah, dengan Compression ini anda bisa memilih suara mana yang akan dioptimalkan, apakah amplitude bawah atau yang atas. Jika anda merasa amplitude bawah terasa kurang enak sesuai keinginan anda maka anda bisa meminimalisir/mengurangi suaranya sehingga suara amplitude atas bisa keluar secara maksimal.
3. Gate / Noise Cancellation
Gate atau Noise Cancellation adalah sebuah pintu gerbang untuk keluarnya suara. Ibaratnya begini, sebuah saluran air, jika saluran pintu saluran airnya terbuka lebar, maka airnya yang keluar pun banyak, jika pintunya hanya dibuka sedikit, otomatis airnya keluar sedikit. Maka, jika Gatenya dibesarkan (pintunya semakin ditutup) maka suara yang keluar semakin kecil. Jika Gatenya dikecilkan (Pintunya semakin dibuka) maka suara yang keluar semakin besar. Efek Gate ini bisa ditemukan pada Guitar Rig, dan Overloud TH1.
Lalu apa hubungannya dengan Noise Cancellation/Noise Reduction?
Gate juga berfungsi sebagai Noise Cancellation. Anda pasti sering mendapati suara efek gitar distorsi apapun efek yang anda gunakan, entah itu analog ataupun yang digital seperti Guitar Rig ataupun Overloud TH1, terdengar kemresek atau banyak noise, atau Hiss. Noise tersebut muncul karena semua sinyal suara dikeluarkan, baik yang tinggi maupun yang rendah. Noise biasanya berada pada frequensi rendah. Nah, untuk mengurangi noise tersebut, berarti suara yang masuk harus dibatasi dengan Gate. Jika Gatenya dibesarkan, otomatis input suara semakin kecil dan otomatis juga suara noise/hiss bisa dihilangkan.
Tetapi, Gate in juga memiliki kelemahan atau efek negatif. Jika Gatenya terlalu besar, maka suara yang dihasilkan tidak bisa sustain atau panjang. Suara dan efek yang dihasilkan akan berdurasi pendek lalu menghilang. Malah, jika Gatenya benar benar tinggi, maka suara yang dihasilkan bisa hilang dalam durasi yang singkat dan secara tiba tiba tanpa hilang malalui proses fading atau menghilang sedikit demi sedikit.
Jadi, jika anda ingin suara efeknya (misalkan efek gitar distorsi) panjang dan tidak cepat berhenti, maka salah satu faktor yang perlu anda perhatikan adalah Gatenya. Yaitu dengan mensetting Gatenya tidak terlalu besar. Jadi anda bisa mendapatkan dua manfaat yaitu suara noise hilang dan suara efek bisa tetap panjang.
4. Fuzz
Fuzz agak mirip dengan distorsi. Cuma, fuzz terdengar lebih lembut dan lebih boxi, seperti berada di dalam kotak kaleng. Gitaris yang sangat sering menggunakan Fuzz adalah Jimmi hendrix.
5. Octave
Sesuai dengan namanya, Octave membuat efek dengan menampilkan suara tambahan yang suara tersebut adalah satu oktav lebih rendah atau lebih tinggi. Cara kerja Octave ini adalah mengambil sample input sound. Misalkan anda membunyikan nada G, maka efek Octave ini akan mengambil sampel sound input nada G tersebut kemudian membuat copiannya yang diubah ke nada octave lebih tinggi dan dimainkan bareng dengan suara inputnya. Jadi, suara yang keluar adalah G normal (sesuai input) dan G tinggi. Dengan demikian anda bisa mendapatkan suara double.
6. Chorus
Chorus digunakan untuk membuat copian suara input untuk dimainkan bareng dengan suara input. Chorus tidak seperti Octave karena chorus tidak merubah tinggi nada input. Aslinya, tujuan chorus adalah digunakan untuk mensimulasikan suara dua penyanyi bersamaan.
7. Distortion
Banyak orang mencampur adukkan antara Overdrive, Distortion, dan Fuzz. Ketiganya tidaklah sama. Memang perbedaannya tidak begitu signifikan bila tidak diperhatikan secara jeli. Overdrive memang bisa menghasilkan efek suara distorsi, namun efek distorsinya tidak begitu kuat dan rata. Overdrive sebenarnya hanya meningkatkan gain dari input sound. Ketika inputnya sedikit, maka suara akan terdengar lebih besar, dan jika inputnya besar, suaranya akan terasa seperti distorsi. Distorsi mengacak suara sehingga terdengar agak kemresek. Namun, Distortion menghasilkan suara yang lebih rata, besar atau kecil inputnya, dia akan terdistorsi. Teorinya adalah untuk menghasilkan efek distorsi, sinyal input di-clip / dipotong dan diambil tengahnya saja, sehingga terlihat lebih rapat sinyalnya. Sedangkan Fuzz adalah distorsi yang sinyalnya lebih rapat sehingga Fuzz efeknya terdengar lebih boxi atau seperti berada didalam wadah kotak kaleng . Wah susah juga mengubah bunyi menjadi kata-kata. untuk melihat lebih detil, coba aja deh langsung karena perbedaannya dikit banget.
8. Delay
Delay mengcopy suara sinyal input dan kemudian menampilkannya lebih lambat. Suara asli akan dibunyikan, kemudian disusul oleh suara hasil copian. Nah, kemunculannya pun bisa disetting berapa lama akan muncul setelah suara asli dan berapa kali akan dikeluarkan. Delay ini sangat bagus untuk mengisi kekosongan suara misalkan pada gitar. Jika gitar dimainkan clean saja, maka akan terdengar sangat sepi. Tetapi jika ada Delaynya, maka beberapa yang kosong akan diisi oleh efek delay. Efek delay ini juga bagus bila dikombinasikan dengan distorsi. Kombinasi delay dan distorsi dapat membuat efek sustain yang bagus. Dengan demikian efek gitar distorsi bisa bertahan lebih lama dan panjang tidak cepat selesai meskipun hanya satu stroke/genjrengan atau petikan. Itu karena suara distorsinya dicopy dan didelay kemudian ditampilkan berulang ulang, sehingga sustainnya menjadi panjang.
9. Reverb
Efek Reverb ini digunakan untuk menghasilkan efek suara seperti seolah anda sedang berada di ruang tertutup seperti hall atau lainnya. Sehingga terdapat suara gema yang memantul. Reverb ini secara tidak langsung memberikan sebaran suara sehingga ruang dengarnya tidak begitu kosong, tetapi ditutup secara halus oleh efek Reverb. Efek Reverb ini sering dikombinasikan dengan efek Delay. Jika efek Reverb ini diset terlalu tinggi, maka suara yang dihasilkan akan seperti berada di dalam air.
10. Phaser and Flanger
Berikut wah-wah, whammy, efek tersebut termasuk kategori pitch modulation. Phaser dan Flanger ini untuk menghasilkan suara seperti gelombang angin. Cobalah anda tutup kedua telinga anda dengan tangan anda. Kemudian buka dan tutup telinga anda pelan pelan dan berulang kali, maka anda akan mendengar seperti suara angin. Nah, misalkan anda menggunakan gitar, dan ingin menambahkan efek flanger, maka anda akan mendapatkan suara gitar yang bercampur dengan suara angin. Semakin cepat anda mengocok gitar, semakin lambat gelombang suaranya. Anda bisa lihat contoh efek flanger ini pada penutupan lagunya Greenday yang Boulevard of Broken Dream.
Minggu, 05 Mei 2013
Rabu, 01 Mei 2013
Selasa, 30 April 2013
Senin, 29 April 2013
Blank Chord (Tracklist and Download Link)
Genre : Pop Alternative
Album : Spirit in My Life
Track List :
1. Blank Chord - Arti hadirmu
2.Blank Chord - Dewi Hati
3.Blank Chord - Sayang
4.Blank Chord - Spirit
5.Blank Chord - Tuhan Tak Diam
Download Link :
http://www.4shared.com/rar/ObKg5K30/Blank_Chord.html
KENDO Band (Tracklist and Download Link)
Track List :
1. KENDO - Cinta Bayangan
2.KENDO - Kalian
3,KENDO - Romantic's Not A Crime
4.KENDO - Salah Kamu
Download Link :
http://www.4shared.com/rar/PhXRVlzF/Kendo.html?refurl=d1url
Minggu, 28 April 2013
Villa Intan Fixie Community
Grup ini dibuat bertujuan untuk menumbuhkan jiwa sosialisasi kepada sesama pengguna sepeda lainnya. grup kami disini tidak memandang sepeda yang bagus maupun yang kurang bagus disini kami hanya menginginkan memiliki pertemanan dan tali persaudaraan yang dibuat kusus untuk menyatukan kaum sepeda fixie .
Monkey Majik Fans Indonesia
Hello :D we are Monkey Majik Lovers From Indonesia ^^
Silahkan Undang Temen Temen kalian sebanyak-banyaknya ^^ Sebarkan Virus Monkey Majik di Indonesia !!!!!!!!
Nb : Dilarang berkata-kata kotor/kasar/merendahkan orang lain/sebagainya yang buruk buruk ^^v
TTD. All Admin ^^
Sabtu, 27 April 2013
Photo Share
Photo Share adalah media untuk Sharing foto amatir dari Kamera Ponsel yang memiliki Nilai Seni, Best Moment dan Informasi.
VISI:
Menjadi group facebook terbesar untuk kategori sharing foto.
MISI:
1. Dengan judul mengandung tema foto, nantinya dapat terlihat nilai seni dan kreatifitas member dalam menghasilkan foto yang berkualitas.
2. Dengan judul yang mengandung Merk/Tipe Ponsel, hal ini akan menjadi referensi bagi user facebook dalam memilih kamera ponsel sesuai kebutuhan.
3. Dengan Judul yang mengandung lokasi, dapat memberikan informasi suatu daerah, sehingga dapat menjadi rekomendasi tujuan wisata atau sejenisnya.
4. Menjadi group yang sangat bermanfaat bagi seluruh member dengan membagikan pulsa gratis setiap bulannya.
Sebelum Posting, pastikan kalian sudah membaca ketentuan - ketentuan yang berlaku di Photo Share :
1. Foto yg diposting adalah foto yg sesuai tema (lihat di bener kiri atas)
2. Foto diposting dengan cara single upload (tidak dalam bentuk album)
3. Foto harus dari ponsel/smartphone atau sejenisnya
4. Foto harus Original/Tidak diedit oleh aplikasi apapun
5. Foto yg di share wajib mengikuti format berikut :
Format : Topik (sesuai topik yg ditentukan) - Merk & Tipe HP - Lokasi
Contoh : Ombak dipantai - Samsung Galaxy Mini - Pantai Sanur.
Demikian,
Salam
Admin
Forum Diskusi :
SCANDAL INDONESIA FANS
Welcome to SCANDAL INDONESIA FANS
Have fun together with SCANDAL
twitter: @SCANDAL_ID_FANS
e-mail: scandal.indonesiafans@yahoo.com
Bagi yang belum terdaftar di atas segera kirim email ke scandal.indonesiafans@yahoo.com dengan ketentuan:
NAMA:....
TGL LAHIR:......
KOTA SEKARANG:....
NO TELP:...(klo no telp privasi,boleh gak dicantumkan)
FB/Twitter:......
anggota yang sudah mendaftar:
PERATURAN SIF
SCANDAL Discography